Amazing INDONESIA

Sabtu, 17 Desember 2011

Terlalu Banyak Gas

 
Postingan saya kali ini terinspirasi oleh saudaraku, hehehe...
Seharian ini dia dah berkali-kali buang gas (A.K.A kentut ) dan bersendawa yang nyaring buanget.


Buang gas dan bersendawa merupakan hal yang wajar. Bersendawa juga merupakan cara tubuh untuk membuang kelebihan gas dalam tubuh kita (coba kalo nggak dikeluarin, bisa bikin perut terus-terusan merasa kembung dan nyeri kan....). Tapi buang gas berlebihan juga nggak baik. Selain  membuat diri nggak nyaman juga bisa bikin malu + bikin orang sekitar jadi ikut tersiksa (pa lagi kalo kentutnya super duper baunya, whuaaa sesuatu banget).

Kedua hal ini berkaitan dengan gas atau udara yang masuk ke dalam tubuh kita...Tuk lebih jelasnya langsung saja cek ke TKP...

           Sharing Ilmu Bio








Bersendawa
Bersendawa merupakan cara wajar untuk melepaskan udara yang kita telan setiap kali makan atau minum apalagi kalau kita mengkonsumsinya dengan terlalu cepat atau minum-minuman bersoda. Sendawa melepaskan gas dari lambung dengan memaksa udara itu memasuki kerongkongan dan kemudian keluar melalui mulut kita. Menelan terlalu banyak udara dapat menyebabkan rasa kembung atau sering bersendawa. Kalau kita bersendawa berulang kali meski tidak makan, kemungkinan  kita menelan udara karena kebiasaan kalau sedang gugup atau ketakutan.


Kentut
Sebagian besar gas dalam usus dihasilkan di usus besar. Semua orang kentut, tetapi ada juga orang yang menghasilkan gas luar biasa banyaknya dan sangat mengganggu bagi mereka (hehe, kayak yang dialami  saudaraku tercinta...my poor brother). Gas di dalam usus terdiri atas 5 bahan utama: oksigen, nitrogen, hidrogen, karbondioksida, dan metan. Bau busuk biasanya dihasilkan sejumlah keci gas-gas lain seperti hidrogen sulfida, amonia dan bahan-bahan lain. Udara yang tertelan merupakan sebagian kecil dari kentut. Minuman yang mengandung karbonat dapat menghasilkan karbondioksida di lambung dan boleh jadi merupakan sumber gas.

Nyeri karena gas
Rasa nyeri tajam, menusuk atau rasa kejang di perut kita dapat disebabkan karena menumpukkan gas. Rasa sakit itu sering kali terasa hebat, tetapi singkat. Seperti ada rasa "melilit" di perut, dan kadang dengan kentut rasa sakit ini bisa hilang. Rasa sakit karena gas dapat terjadi bila usus kita kesulitan menguraikan makanan-makanan tertentu atau kalau kita menderita infeksi lambung, usus atau diare.


Source: MAYO CLINIC, Pedoman Perawatan Sendiri


Tags:
Buang gas, Bersendawa, Mengapa orang bisa Buang gas/ kentut, Mengapa orang bisa bersendawa, Penyebab orang Buang gas berlebihan, Penyebab orang bisa bersendawa, Akibat jika banyak gas dalam perut (usus) kita

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More