Amazing INDONESIA

Rabu, 07 September 2011

Teori Sel

Berikut ini adalah beberapa tokoh yang ikut mengembangkan biologi sel:
  1. Marcello Malpighi  (1628-1694), seorang ilmuwan dan dokter Italia mempelajari struktur-struktur tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan, dan menamakan sel-sel ‘globulus’ dan ‘sacculus’. Dialah yang dianggap sebagai ‘Bapak Anatomi Mikroskopi’ dan menemukan adanya kapiler-kapiler darah yang kira-kira 30 tahun sebelumnya sudah diperkirakan adanya  William Harvey. 
  2. Anthoni van Leeuwenhoek (1632-1723), seorang ahli mikroskop dari Negeri Belanda, mempelajari struktur seluler tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan , termasuk bacteria, Protozoa dan Spermatozoa. 
  3. Robert Hooke (1635-1703) dari Inggris mempelajari struktur-struktur mikroskopis dan mengemukakan berbagai type-type objek alami, dan pada waktu penelitiannya dari jaringan gabus tumbuh-tumbuhan, ia melihat adanya struktur-struktur yang sangat kecil berbentuk kotak-kotak yang disebutnya sebagai sel (1665). 
  4. Nehemiah Grew (1641-1712), seorang dokter Inggris juga mempelajari struktur-struktur mikroskopis  dan mengarang dari hal sel-sel dan jaringan pada tumbuhan (1672). Bersama-sama dengan Malpighi ia melakukan penelitian mengenai struktur mikroskopis tumbuh-tumbuhan  dengan baik sehingga hasil penelitian itu memberikan sumbangsih yang lebih dalam penambahan info mengenai sel. 
  5. Robert Brown (1773-1858) seorang Scotlandia menemukan nucleus di dalam sel tumbuh-tumbuhan pada umumnya (1831). 
  6. Mathius Schleiden (1804-1881) seorang ahli Botani Jerman, dan Theodor Schwann (1810-1882) mempelajari struktur-struktur mikroskopis pada berbagai tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan dan selanjutnya mengarang “Prinsip-Prinsip Sel” (1839) dimana  diterangkan bahwa organisame-organisme hidup tersusun dari sel-sel  atau sel-sel dengan hasil-hasilnya. Meskipun mereka ini telah diakui secara umum,  Rene Dutrochet (1776-1847) seorang ahli Fisiologi Perancis ternyata mendahuluinya dengan pandangan yang serupa (1824). Ia menyatakan bahwa pertumbuhan, disebabkan baik oleh pertambahan ‘volume sel-sel maupun adanya tambahan sel-sel kecil yang baru”. 
  7. Edmund B. Wilson (1856-1939) seorang ahli Cytologi Amerika mengarang buku: “The Cell in Development and Heredity” (1924). Ia memusatkan perhatian kepada penelitian sel serta berusaha menerangkan phenomena biologis.
Terjadinya Teori Sel

Sel adalah suatu satuan dasar dari kehidupan yakni merupakan suatu satuan terkecil dari sesuatu benda yang kita nyatakan “hidup’. Hal ini dinyatakan oleh Theodor Schwann dengan jelas bahwa semua organism hidup, baik yang bersel tunggal maupun yang tersusun dari kelompok-kelompok sel, tersusun dari sel-sel.  (1839). 

Pernyataan Schwann tersebut dilandasi oleh suatu proses yang dikemukakan oleh  Rudolf von Virchow dalam pernyataannya kemudian yang berbunyi: “semua sel hanya timbul/berasal dari sel-sel yang telah ada terlebih dahulu” (1858).

Pernyataan Virchow ini selanjutnya ternyata  sesuai dengan hasil penelitian Louis Pasteur (1822-1861), yang membuktikan bahwa di dunia ini tidak ada sesuatu benda hidup pun yang tidak berasal dari benda hidup yang lain. 

Penelitian-penelitian Pasteur ini telah mengakhiri keyakinan mengenai  teori “generatio spontanae” berabad-abad sebelumnya diakui sejak  Aristoteles, menyatakan bahwa lalat dan  nyamuk timbul dari benda-benda yang membusuk yang telah mulai disangkal oleh Francesco Redi (1627-1697) dengan pembuktiannya yang menyatakan bahwa ulat-ulat tidak mungkin timbul dari daging yang membusuk apabila tidak ada peletakan telur sebelumnya oleh lalat-lalat pada daging tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Pasteur mengemukakan keyakinannya terhadap prinsip ”Biogenesis” yang menyaatakan bahwa ‘semua kehidupan berasal dari kehidupan yang lain.’

Peralihan dari pernyataan-pernyataan Hooke dan Leeuwenhoek ke pernyataan Schwann merupakan peralihan dari suatu hasil penelitian yang sederhana terhadap fakta yang kita jumpai, ke suatu pernyataan yang timbuk akibat induksi yang jauh lebih luas. Sedangkan peralihan dan pernyataan Schwann ke pernyataan Virchow merupakan peralihan dari suatu pernyataan yang sederhana menjadi sauatu teori yang menjelaskan pernyataan tersebut.

Tags: teori-teori sel, teori-teori sel menurut para ahli, teori para ahli yang ikut mengembangkan teori sel, teori tentang sel, teori Schwann, teori sel schann dan hooke, berbagai teori sel, teori-teori sel para ahli, perkembangan teori sel, perkembangan teori-teori sel.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More