Amazing INDONESIA

Sabtu, 04 Mei 2013

Barotrauma (Tuli akibat perubahan tekanan udara)

Pernah tidak anda mengalami 'tuli' sesaat saat berada di pesawat terbang atau anda merasakan telinga anda seperti tersumbat atau saat anda sedang menyelam maupun saat sedang terjun payung?
Dalam istilah medisnya kondisi seperti itu disebut Barotrauma atau trauma akibat adanya perubahan tekanan terhadap tubuh. Sederhananya, suatu cedera yang timbul karena adanya perubahan tekanan. Gangguan ini sering terjadi saat Anda berada di pesawat terbang atau melakukan scuba diving dengan hidung tersumbat, alergi, salesma, atau menderita infeksi tenggorakan. Kemungkinan anda merasa sakit di salah satu telinga, sedikit kehilangan pendengaran atau rasa tersumbat di kedua telinga. Ini disebabkan karena menggelembungnya  gendang telinga akibat adanya perubahan tekanan udara.

Cobalah menelan obat dekongestan (pelega hidung) satu jam sebelum terbang dan satu jam sebelum mendarat. Ini dapat mebantu untuk mencegah tersumbatnya tabung eusthacius anda. Kalau kedua telinga anda tersumbat waktu pesawat turun, hiruplah napas dalam-dalam lalu keluarkan perlahan-lahan sambil menutup kedua lubang hidung dan mengatupkan mulut anda. Akan lebih menolong lagi kalau saat itu anda bisa sekaligus melakukan gerakan menelan. Selama penerbangan, sebaiknya kunyah permen karet untuk menimbulkan gerakan menelan yang bisa membantu membuka tabung eusthachius anda.



Semoga bermanfaat,
Sumber: Mayo Clinic, 2002, Intisari Mediatama.

Tags: Pengertian barotrauma,Arti dari barotrauma,Cara mengatasi barotrauma,Mengapa orang bisa terkena barotrauma,Hilangnya pendengaran saat di pesawat,Tuli di pesawat,Telinga seperti tersumbat udara,Cara engatasi telinga yang seperti tersumbat udara,Telinga tersumbat karena perubahan tekanan udara.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More