Amazing INDONESIA

Minggu, 29 April 2012

Jenis-Jenis Gangguan Tidur




Gangguan tidur memang sangat mengganggu, apa lagi itu kan saat-saat kita ingin istirahat untuk melepas  kelelahan. Tapi kalau saat seperti itu juga harus terganggu sungguh sangat menyebalkan bukan? Nah berikut ini saya akan memaparkan apa-apa saja jenis gangguan tidur yang sering di alami oleh kebanyakan orang beserta penyebabnya.

INSOMNIA

Dari beberapa jenis gangguan tidur yang ada, yang paling umum terjadi adalah insomnia (aku banget nih). Insomnia mencakup gejala sulit tidur, sulit tidur lama tanpa terputus, atau sulit tidur kembali bila terbangun kepagian. Insomnia dapat bersifat sementara dan bisa juga kronis. Insomia hanyalah suatu gejala, bukan pennyakit. Penyebab insomnia biasanya adalah sebagai berikut:
  • Stres yang berkaitan dengan pekerjaan, sekolah, atau masalah keluarga
  • Depresi
  • Penggunaan zat-zat perangsang (kafein atau nikotin), suplemen dari tumbuhan, dan obat-obat bebas maupun obat resep dokter
  • Alkohol
  • Perubahan lingkungan atau jadwal kerja
  • Penggunaan obat-obat tidur dalam waku lama
  • Masalah-masalah medis kronis, termasuk fibromialgia atau penyakit-penyakit saraf dan otot yang kompleks
  • Insomnia perilaku, yaitu gejala yang dapat timbul akibat kecemasan tidak bisa tidur nyenyak yang berlebihan dan berusaha terlampau keras agara bisa tertidur
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika Anda mengalami Insomnia, seperti menentukan dan menjalankan 'ritual' untuk pergi tidur, hindari tidur sore atau petang, minum susu hangat, jangan merokok sebelum tidur, atau menghindari minuman dan obat-obat yang mengandung kafein.

SLEEP APNEA 

Orang dengan masalah ini biasanya mendengkur dan sesaat berhenti bernapas, lalu bernapas lagi dengan mendadak. Sleep apnea dapat terjadi bila saluran udara bagian atas tertutup karena mengendurnya jaringan langit-langit lunak karena membesarnya adenoid atau oleh polip hidung. Apabila Anda  mengalami gejala ini, sebaiknya pergilah ke dokter. Mengurangi barat badan, tidur tengkurap atau miring, menghindarai minum alkohol sebelum tidur mungkin bisa menolong, juga menggunakan obat pelega hidung (dekongestan), tetapi hanya dengan petunjuk dokter.

BRUXISM (Kertak Gigi Selama Tidur)

Orang yang mengalami gangguan ini ada kemungkinan berkaitan dengan stres yang di alami. Ada baiknya jika Anda memeriksakan gigi Anda ke dokter kalau-kalau gigitan Anda perlu penyesuaian dan dokter tersebut bisa memberikan plastik pelindung untuk mencegah kerusakan lebih parah. Sebaiknya usahakan untuk menangani sumber stres tersebut.

KAKI GELISAH

Merupakan gangguan tidur yag berupa dorongan tak tertahankan untuk menggerak-gerakkan kedua kaki, tak lama setelah tidur sepanjang malam, hingga mengganggu tidur Anda. Stres bisa memperburuk keadaan. Bangun dan berjalanlah berkeliling. Cobalah teknik-teknik relaksasi otot dan mandi air hangat sebelum tidur.

Sumber:







Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More