Amazing INDONESIA

Rabu, 19 Oktober 2011

Daur Karbon

Elemen karbon adalah bagian dari lautan, udara,  batu, tanah dan semua makhluk hidup. Karbon selalu berpindah-pindah atau mengalami suatu dsiklus, yakni:
Karbon bergerak dari atmosfer ke tanaman. Di atmosfer, karbon yang menempel pada oksigen dalam gas yang disebut karbon dioksida (CO2). Dengan bantuan matahari, melalui proses fotosintesis, karbon dioksida ditarik dari udara untuk membuat makanan tanaman dari karbon. Sedangkan karbon yg berada di dalam air akan dimanfaatkan tumbuhan air dalam proses fotosintesisnya.

Karbon berpindah dari tanaman ke hewan. Melalui rantai makanan, karbon yang ada di tanaman bergerak ke hewan yang memakannya. Hewan yang memakan hewan lain mendapatkan karbon dari makanan mereka juga.

Karbon berpindah dari tanaman dan hewan ke tanah. Jika tanaman dan hewan mati, tubuh mereka, kayu dan daun akan mengalami pembusukan dan karbon yang ada dalam komponen tubuh masing-masing akan berpindah ke dalam tanah. Beberapa mil terkubur di bawah tanah dan akan menjadi bahan bakar fosil dalam jutaan tahun.

Karbon bergerak dari makhluk hidup ke atmosfer.Setiap kali Anda mengeluarkan napas, Anda melepaskan gas karbon dioksida (CO2) ke atmosfer. Hewan dan tumbuhan menghasilkan gas karbon dioksida melalui proses yang disebut respirasi.

Karbon bergerak dari bahan bakar fosil ke atmosfer ketika bahan bakar tersebut mengalami pembakaran. Ketika manusia membakar bahan bakar fosil untuk pabrik-pabrik listrik, pembangkit listrik, mobil dan truk, sebagian besar karbon dengan cepat memasuki atmosfer sebagai gas karbon dioksida.

Setiap tahun, lima setengah miliar ton karbon dilepaskan oleh pembakaran bahan bakar fosil. Sama dengan berat 100 juta gajah Afrika dewasa. Dari sejumlah besar karbon yang dilepaskan, dari bahan bakar 3,3 miliar ton memasuki atmosfer dan sebagian besar sisanya menjadi terlarut dalam air laut.Penumpukan CO2 akan mengakibatkan efek rumah kaca dimana sinar UV tidak dapat dipantulkan oleh bumi. Sinar UV yg terperangkan di atmosfer akan menaikkan suhu bumi dan berakibat kepada Pemanasan Global.

Karbon bergerak dari atmosfer ke lautan. Lautan, dan badan air lainnya, menyerap beberapa karbon dari atmosfer dan begitulah proses ini akan berulang kembali membentuk siklus.

Tags: 
Daur Karbon, Siklus Karbon, Mekanisme terjadina Daur Karbon, Proses Daur Karbon, Langkah-langkah terjadinya siklus karbon.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More