Amazing INDONESIA

Senin, 15 Agustus 2011

Suara Serak atau Suara Hilang

Suara Serak atau Hilang...

Bagi kalian yang saat ini sedang mengalami masalah dengan suara seperti suara serak selama berminggu-minggu jangan anggap remeh jangan-jangan kalian sedang menderita radang pita suara (Laringitis). Saya juga pernah mengalami hal itu awalnya saya anggap hanya akibat dari flu biasa, ternyata pas dah periksa saya ternyata terkena Laringitis dan sudah sangat parah sehingga harus puasa ngomong hampir sebulan...(bisik-bisik pun gak boleh, ckckckck...) dan pengobatannya pun sampe berbulan-bulan lho ^^ 
(Jadi bagi kalian yang suaranya sedang serak cepatlah pergi check up ke dokter)

Suara hilang atau suara parau terjadi bila pita suara anda bengkak atau meradang dan tidak lagi bergetar secara wajar. Pita suara  itu akan menghasilkan bunyi yang tidak biasa atau bahkan pita suara itu mungkin tidak mengeluarkan  bunyi sama sekali.

Suara bicara anda dibentuk bila diafragma (otot di atas lambung) menodrong udara dari paru-paru melewati pita suara. Tekanan udara memaksa pita suara anda membuka dan menutup dan keluarnya udara secara terkendali itu menggetarkan pita suara dan meghasilkan bunyi, yakni suara anda.

Selain suara parau, anda dapat merasa sakit kalau berbicara atau nyeri dan gatal-gatal pada tenggorokan. Kadang-kadang, suara anda kedengaran lebih tinggi atau lebih rendah dari biasanya. Penyebab umum suara parau atau suara hilang adalah infeksi (akibatnya anda sering kehilangan suara saat menderita salesma atau flu), alergi, vokal yang terlampau keras (berbicara terlampau dipaksa dalam waktu lama atau berteriak-teriak, merokok, dan arus balik esofagial yang kronis. Reflux, arus balik, (kembalinya isi lambung yang bersifat asam ke dalam saluran makanan, yang kadang-kadang 'tumpah' ke pita suara).

Perawatan Sendiri

Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah Laringitis sini:
  1. Hemat suara (berbicaralah seperlunya saja)  dan kalau bisa batasi juga bisik-bisik, karena bisik-bisik akan menegangkan pita suara anda seperti halnya ketika berbicara).
  2. Minum banyak air hangat yang tidak mengandung kafein agar tenggorokan anda tetap basah.
  3. Hindari membersihkan tenggorokan
  4. Berhentilah merokok (bagi yang merokok) dan hindari asap rokok. Rokok dapat mengeringkan tenggorokan dan mengiritasi pita suara anda.
  5. Berhentilah minum alkohol (bagi yang suka minum) karena bisa membuat tenggorokan kering dan mengiritasi pita suara anda.

Kalau suara serak berlangsung lebih dari dua minggu, pergilah ke dokter segera. Dokter mungkin akan memberikan resep untuk infeksi atau alergi. Makan obat yang diberikan secara teratur dan habis kan jangan ada yang disisakan. Suara parau jarang disebabkan oleh kanker. Terakhir,  jaga kesehatan dan buat yang lagi sakit moga cepat sembuh ya (amin...)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More