Amazing INDONESIA

Selasa, 16 Agustus 2011

Manfaat Makan dan Minum Sambil Duduk

Ketika duduk, apa yang dimakan atau diminum oleh seseorang akan berjalan melalui dinding usus perlahan dan 'lembut'. Minum sambil berdiri akan menyebabkan apa yang kita makan atau minum itu jatuh 'keras' ke dasar cairan usus, dan mengakibatkan benturan atau hantaman seperti pukulan yang cukup keras, jika hal ini terjadi berulang kali dalam waktu yang lama, akan menyebabkan ekspansi dan jatuhnya makanan pada dasar usus bisa melukai usus dan membuatnya menjadi melar (dalam jangka waktu lama), yang kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan.

Di satu sisi air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah maskuler/ struktur otot yang dapat dibuka ketika kita duduk (sehingga air bisa lewat) dan menutup ketika kita berdiri (sehingga tidak dapat lewat). Setiap air yang kita minum akan didistribusikan di bagian-bagian terkecil dari ginjal untuk di filtrasi. Jika kita minum berdiri maka air yang kita minum  tidak disaring dulu akan tetapi langsung dibawa ke kandung kemih. Karena langsung menuju ke dalam kandung kemih maka  sisa 'sampah' yang tidak tersaring akan ikut sehingga menyebabkan pengendapan pada bagian saluran ureter. Hal inilah yang dapat menyebabkan penyakit ginjal kristal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya.

Tuh, dah tau kan Rasulullah  saw menganjurkan kita untuk makan dan minum itu bukan tanpa sebab melainkan ada hikmah yang luar biasa dari anjurannya. So, biasakan diri kita tuk makan dan minum sambil duduk ya (terutama buat saya sendiri, hehe). 
Sumber: Terjemahan dari artikel http://eniharyanti.com/health/why-eat-and-drink-while-sitting/

Tags: Faedah makan dan minum sambil duduk, Manfaat makan dan minum sambil duduk, Keuntungan makan dan minum sambil duduk, Apa manfaat makan dan minum sambil duduk?, Mengapa orang makan dan minum harus duduk, Bukti ilmiah manfaat dari makan dan minum sambil duduk  

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More