Amazing INDONESIA

Jumat, 16 Maret 2012

Si Ganggang Api

Ganggang api (Pyrrophyta) atau biasa juga dikenal dengan Dinoflagellata merupakan kelompok kecil. Alga ini dapat ditemukan di air tawar maupun di air laut sebagai plankton. Alga jenis ini mengandung klorofil a dan klorofil c, serta mengandung pigmen karoten dan xantofil. Cadangan makanan yang dikandungnya berupa pati. Dinding selnya tersusun dari selulosa. Alga ini sebagian besar uniseluler dan memiliki dua flagel yang tidak sama panjang sehingga dapat bergerak aktif. Bersifat fosforesensi (memancarkan cahaya) sehingga jika dilihat pada malam hari lautan akan terlihat bercahaya karena adanya organisme ini.

Pembiakan aseksual umumnya melalui pembelahan sel, pembentukan zoospora dan aplanospora. Pembiakan seksual pernah dilaporkan hanya terjadi pada dua marga (Genus).

Contoh Pyrrophyta :

  1. Peridinium
  2. Peridinium
    • Peridinium merupakan jenis alga api dengan tebal plat yang menyerupai lapis baja. Umumnya sel-selnya berbentuk bulat, oval atau rata dengan permukaan atas cembung dan permukaan bawah yang cekung
  3. Ceratium 
  4. Ceratium
    • habitatnya di air laut dan ada juga yang terdapat di air tawar. Mempunyai tiga prosesus dinding sehingga berbentuk seperti terompet. 

Tags: Alga api,   Ganggang apiPyrrophyta, DinoflagellataCiri-ciri ganggang api, Ciri-ciri  Alga api, Ciri-ciri Pyrrophyta, Contoh alga api, jenis-jenis Ganggang api, Cara perkembangbiakan Alga api, Cara perkembangbiakan ganggang api, Perkembangbiakan Pyrrophyta

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More