Amazing INDONESIA

Senin, 06 Februari 2012

Manfaat Menangis



Mengeluarkan air mata atau singkatnya, menangiss...hmmm saya rasa semua orang pasti pernah menangis kan, entah itu karena sedih, terharu, kecewa, sakit hati, dan lain sebagainya. Akan tetapi bagi sebagian kaum adam mungkin mereka masih segan tuk mengeluarkan air mata mereka, yah mungkin takut dibilang cengenglah atau apalah. Tapi tunggu dulu kawan, karena ternyata air mata kita  juga ada manfaatnya bagi kesehatan kita, berikut ini adalah manfaat yang bisa kalian rasakan setelah menangis:
  1. Mengurangi stres sekaligus mengeluarkan racun. Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr William H. Frey (seorang ahli biokimia) menemukan bahwa  ketika seseorang sedang stes maka tubuhnya akan memproduksi hormon yakni hormon adrenokortikotropik (adrenocorticotrophic hormone, ACTH), dan leusin enkephalin, hormon ini merupakan indikator seseorang yang sedang stres. Nah, dengan menangis inilah maka hormon itu pun akan dikeluarkan bersamaan dengan keluarnya air mata. Makanya biasanya orang biasa sedikit lega kalau sudah menangis, karena hormon ini dah dikeluarin daari tubuh kita bersamaan dengan keluarnya air mata tadi.
  2. Pembersih mata/Pelumas mata. Eits, bukan mesin saja yang butuh pelumas, mata kita juga tapi pelumasnya beda, tidak perlu dibeli alias gratis, yaitu air mata kita. Kawan, bukannya tanpa alasan lho seseorang itu berkedip karena ternyata dengan berkedip maka kelopak mata kita akan membawa cairan yang disekresikan oleh kelenjar air mata. Tanpa itu, mata kita akan  menjadi perih karena kekeringan, coba saja kalian tahan mata kita untuk tidak berkedip, perih kan. Biar tidak perih cukup berkedip saja segera.
  3. Mencegah iritasi pada mata. Selain untuk melumasi mata, air mata juga membantu untuk menghilangkan jenis iritasi di mata, buktinya ketika mata kita kemasukan benda seperti pasir atau kotoran, asap atau apa pun kita pasti mengeluarkan air mata. Bisa saya katakan kalo menangis itu sama halnya seperti bersin atau batuk yang merupakan bentuk pertahan tubuh kita untuk mengeluarkan benda-benda asing yang mencoba untuk masuk. Sepakat...? Next...
  4. Membunuh bakteri. Ternyata air mata kita juga bisa membunuh bakteri, nah lho kenapa bisa? Hal ini dikarenakan dalam air mata kita terkandung semacam antibakteri alami yang disebut dengan lisozim. Nggak kebayang kalo sampe si Lisozim nie nggak ada. Bisa buta nie mata gara-gara terserang bakteri yang bertebaran di udara. 
  5. Menimbulkan perasaan lega  (Meningkatkan mood). Menangis juga ternyata dapat melepaskan endorfin ke dalam tubuh kita.membantu untuk meringankan suasana hati dan menciptakan mood yang lebih baik.
  6. Menurunkan tekanan darah. Masih berkaitan dengan fungsi sebelumnya, karena dengan mengeluarkan air mata maka akan menciptakan mood yang lebih baik dan menurunkan tingkat stres seseorang. Jadi, jika seseorang menahan tangisnya, sama saja ia sedang membangun suasana stres terhadap dirinya dengan kata lain mempertinggi tekanan darahnya. Jadi jangan terlalu keras kepala pada diri sendiri untuk tidak menangis, karena nyatanya setiap orang butuh untuk menangis(pa lagi dah tau manfaatnya yang ajib...)
  7. Membersihkan hidung. Hehe, pasti pada heran kok menangis bisa membersihkan hidung. Begini..ni..cukup sederhana koq. Saluran air mata berjalan ke bawah dan terhubung ke bagian dalam hidung, dan kapanpun kita meneteskaair mata, sebagian air mata itu juga dikirim ke dalam hidung kita. Secara harfiah, kita tidak hanya menangis di luar, tapi kita juga  menangis di dalam. Setidaknya begitulah menurut Dr Judith Orloff (baca lebih lanjut di: http://healthmad.com/children/10-health-benefits-of-crying/#ixzz1laj2WwrD)

    Yah, bagitulah manfaat menangis yang bisa saya sampaikan. Jadi kawan (agan-agan maupun sista'-sista') menangislah jika harus menangis karena kita semua manusia, manusia bisa terluka dan manusia pun bisa mengambil hikmah (nyontek lirik lagunya Dewa, hehe). Tapi terlalu sering nangis juga nggak baik ntar malah jadi kebanjiran (hehe, bercanda), mungkin itu tandanya Anda mungkin sedang deprseri berat, kalo itu terjadi anda benar-benar butuh bantuan psikis (ingat segala yang berlebihan itu kan juga nggak baik).

    Tags: Manfaat dari menangis, Manfaat kalau orang menangis, Manfaat menangis bagi kesehatan, Manfaat dari air mata, Manfaat yang diperoleh setelah menangis, Kegunaan air mata

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More