Amazing INDONESIA

Senin, 30 April 2012

Pengguna 'Tembakau'

Bapak saya dulu seorang perokok berat, tapi sekarang alhamdulillah beliau sudah berhenti merokok dan justru sangat membenci rokok ini, mencium asapnya saja dia langsung pusing. Jadi buat yang mau berhenti merokok, tidak ada kata yang tidak mungkin selama kita bersungguh-sungguh.

KECANDUAN ROKOK

Sekarang kembali ke topik, merokok...apa sebenarnya yang membuat merokok ini sangat tidak di anjurkan. Nah perlu anda tahu bahwa pada saat menghirup rokok, serangkaian bahan kimiawi akan masuk ke berbagai organ vital tubuh seperti otak, paru-paru-jantung dan pembuluh darah. Tubuh pun terpolusi bahan-bahan kimiawi yang menyebabkan kanker dan kecanduan.

Nikotin, salah satu unsur utama dalam tembakau, merangsang zat kimia di otak yang mengakibatkan kecanduan. Zat ini merangsang kelenjar adrenalin untuk mmemproduksi hormon yang menggangu jantung akibatnya tekanan darah dan denyut jantung meningkat.

Karbon monoksida yang Anda hirup dari asap rokok menggantikan oksigen di sel-sel darah, dan mengambil makanan dari jantung, otak dan organ tubuh lainnya. Merokok juga mematikan indera pengecap dan penciuman sehingga terkadang makanan yang di makan tidak selezat biasanya.

Asap rokok  mengeluarkan lebih dari 40 bahan kimia penyebab kanker, juga sejumlah kecil racun lainnya seperti arsenikum dan sianida serta lebih dari 4000 bahan lainnya masuk ke tubuh. Salah satu bahan kimia yang paling ampuh adalah nikotin. Nikotin inilah yang membuat Anda ketagihan merokok. Nikotin adalah zat yang membuat kecanduan, seperti halnya kokain. Zat ini meningkatkan zat kimia otak yang disebut dopamin, yang membuat Anda merasa 'senang'. Dopamin inilah yang mengakibatkan proses kecanduan tersebut.
-buat apa harus ngorbanin hal-hal yang jauh lebih baik hanya untuk kesenangan sesaat-


BAHAYA PEROKOK PASIF

Mereka yang tidak merokok tapi terkena asap rokok juga terancam kesehatannya. Mereka beresiko terkena kanke paru-paru, dan penyakit jantung. Terutama para penderita penyakit pernapasan atau penyakit jantung, serta orang lajut usia sangat beresiko bila terpapar asap rokok. Bayi tiga kali lebih besar kemungkinannnya meninggal akibat sindrom kematian mendadak bila ibu mereka merokok selama dan setelah kehamilan. Perokok pasif di kalangan anak akan meningkatkan peluang mereka menderita infeksi telinga, pneumonia, bronkitis, dan tonsilitis.


Jadi selain mengancam kesehatan diri sendiri, merokok juga dapat mengganggu dan mengancam kesehatan orang di sekitarnya. Saya yakin banyak diantara Anda yang ingin sekali berhenti merokok tetapi sulit, dikarenakan cengkraman si 'Nikotin' tersebut. Tapi tidak ada hal yang tidak mungkin karena terbukti ada juga yang berhasil dari jerat rokok ini, ya seperti yang di alami oleh Bapak aku tentunya. Semua ini tidak lepas dari kata-kata dokter yang pernah mengobati bapakku. Katanya, " Saya bisa kasih bapak obat untuk memulihkan bapak, tapi obat ini hanya bersifat sementara dan tidak tertutup kemungkinan Anda bisa datang lagi kepada saya dengan keluhan yang sama. Tapi, hal itu tidak akan terjadi jika bapak mau merubah pola hidup bapak. Kalau bapak ingin sehat dan mendapatkan paru-paru bapak kembali sehat pula maka berhnetilah merokok. " kurang lebih seperti itulah kata-kata dokter itu.  Dan betul saja bahwa cara berhenti merokok yang paling efisien adalah motivasi dari diri sendiri, perokok yang termotivasi untuk berhenti merokok tingkat keberhasilannya dua kali lebih besar daripada yang berhenti merokok tapi kurang termotivasi, dan ketika anda memulai memutuskan untuk berhenti ada baiknya beri tahu orang-orang sekitar Anda, siapa tahu mereka dapat memberi dukungan pada Anda untuk menjalani saat-saat sulit itu^^.

Sumber:
Sumber: Mayo Clinic. Philip T. HAgen. Intisari. 2002

Minggu, 29 April 2012

Jenis-Jenis Gangguan Tidur




Gangguan tidur memang sangat mengganggu, apa lagi itu kan saat-saat kita ingin istirahat untuk melepas  kelelahan. Tapi kalau saat seperti itu juga harus terganggu sungguh sangat menyebalkan bukan? Nah berikut ini saya akan memaparkan apa-apa saja jenis gangguan tidur yang sering di alami oleh kebanyakan orang beserta penyebabnya.

INSOMNIA

Dari beberapa jenis gangguan tidur yang ada, yang paling umum terjadi adalah insomnia (aku banget nih). Insomnia mencakup gejala sulit tidur, sulit tidur lama tanpa terputus, atau sulit tidur kembali bila terbangun kepagian. Insomnia dapat bersifat sementara dan bisa juga kronis. Insomia hanyalah suatu gejala, bukan pennyakit. Penyebab insomnia biasanya adalah sebagai berikut:
  • Stres yang berkaitan dengan pekerjaan, sekolah, atau masalah keluarga
  • Depresi
  • Penggunaan zat-zat perangsang (kafein atau nikotin), suplemen dari tumbuhan, dan obat-obat bebas maupun obat resep dokter
  • Alkohol
  • Perubahan lingkungan atau jadwal kerja
  • Penggunaan obat-obat tidur dalam waku lama
  • Masalah-masalah medis kronis, termasuk fibromialgia atau penyakit-penyakit saraf dan otot yang kompleks
  • Insomnia perilaku, yaitu gejala yang dapat timbul akibat kecemasan tidak bisa tidur nyenyak yang berlebihan dan berusaha terlampau keras agara bisa tertidur
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika Anda mengalami Insomnia, seperti menentukan dan menjalankan 'ritual' untuk pergi tidur, hindari tidur sore atau petang, minum susu hangat, jangan merokok sebelum tidur, atau menghindari minuman dan obat-obat yang mengandung kafein.

SLEEP APNEA 

Orang dengan masalah ini biasanya mendengkur dan sesaat berhenti bernapas, lalu bernapas lagi dengan mendadak. Sleep apnea dapat terjadi bila saluran udara bagian atas tertutup karena mengendurnya jaringan langit-langit lunak karena membesarnya adenoid atau oleh polip hidung. Apabila Anda  mengalami gejala ini, sebaiknya pergilah ke dokter. Mengurangi barat badan, tidur tengkurap atau miring, menghindarai minum alkohol sebelum tidur mungkin bisa menolong, juga menggunakan obat pelega hidung (dekongestan), tetapi hanya dengan petunjuk dokter.

BRUXISM (Kertak Gigi Selama Tidur)

Orang yang mengalami gangguan ini ada kemungkinan berkaitan dengan stres yang di alami. Ada baiknya jika Anda memeriksakan gigi Anda ke dokter kalau-kalau gigitan Anda perlu penyesuaian dan dokter tersebut bisa memberikan plastik pelindung untuk mencegah kerusakan lebih parah. Sebaiknya usahakan untuk menangani sumber stres tersebut.

KAKI GELISAH

Merupakan gangguan tidur yag berupa dorongan tak tertahankan untuk menggerak-gerakkan kedua kaki, tak lama setelah tidur sepanjang malam, hingga mengganggu tidur Anda. Stres bisa memperburuk keadaan. Bangun dan berjalanlah berkeliling. Cobalah teknik-teknik relaksasi otot dan mandi air hangat sebelum tidur.

Sumber:







Kamis, 05 April 2012

Sakit Gigi dan Gigi Tanggal

SAKIT GIGI

Pada kebanyakan anak maupun orang dewasa, pembusukan gigi (gigi berlubang, yang disebut karies) merupakan penyebab utama sakit gigi. Pembusukan gigi terutama disebabkan oleh bakteri dan karbohidrat . Bakteri itu terdapat  pada plak, yaitu lapisan tipis yang hampir tidak tampak pada permukaan gigi.

Pembusukan gigi membutuhkan waktu, biasanya satu atau dua tahun pada gigi permanen, dan kurang dari  itu pada gigi susu. Pembentukan asam terjadi dalam 20 menit pertama setelah makan. Asam pembusuk yang terbentuk dalam plak menyerang lapisan gigi paling luar. Erosi yang ditimbulkan plak itu menyebabkan terbentuknya lubang-lubang kecil pada permukaan gigi (plak terbuka). Tanda pertama pembusukan adalah rasa sakit bila kita makan sesuatu yang manis, sangat dingin atau sangat panas. Pembengkakan, rasa sakit saat menggigit, kotoran gigi sangat berbau dan berwarna kemerahan menunjukkan adanya infeksi.


GIGI TANGGAL

Apabila gigi Anda secara tidak sengaja tanggal entah karena terkena pukulan atau jatuh, jangan panik karena gigi permanen yang terlepas kadang-kadang dapat ditanam kembali hanya jika Anda segera cepat mengambil tindakan. Tapi perlu diingat situasinya berbeda ketika gigi Anda sudah patah, dalam kasus tersebut gigi tidak dapat dipasang kembali.

Kalau sebuah gigi permanen tanggal, simpan gigi tersebut  dan segera bawa ke dokter gigi (ingat ya dokter gigi!!!^^), karena berhasilnya penanaman gigi kembali tergantung pada beberapa faktor yakni tepat wakstu saat dimasukkan ( paling baik dalam waktu 30 menit), tapi tak lebih dari 2 jam sesudah  tanggal) dan cara menyimpan serta membawa gigi sebagaimana mestinya. Menjaga agar tetap basah merupakan hal penting.

Berikut tips yang dapat Anda lakukan pada gigi Anda sebelum tiba di Dokter:
  1. Pegang gigi tersebut pada bagian atasnya saja (mahkotanya)
  2. Jangan menggosok atau mengeroknya untuk menghilangkan kotoran
  3. Dengan hati-hati cucilah gigi itu di segelas air ledeng, tapi jangan di bawah keran langsung
  4. Cobalah menempatkan kembali gigi itu pada lubangnya dan gigit perlahan-lahan seelai kasa untuk menjaga agar posisinya tidak bergeser
  5. Kalau gigi tersebut tidak dapat di letakkan kembali pada tempatnya, segera masukkan ke dalam cairan susu, air liur Anda sendiri, atau larutan air garam hangat

Sumber:
Sumber: Mayo Clinic. Philip T. HAgen. Intisari. 2002
Tags: sakit gigi, penyebab rasa sakit gigi, pembusukan pada gigi, ciri-ciri gigi yang mengalami pembusukan, gigi tanggal, apakah gigi yang tanggal dapat di tempel kembali, tips-tips mengatasi gigi yang tanggal, gigi pata tidak dapat di templ kembali, masalah gigi tanggal, masalah sakit gigi

Teori Sakit Kepala

Jaringan otak tidak dapat merasa sakit karena tidak memiliki reseptor rasa sakit. Hal ini mungkin sulit dipercaya apalagi ketika kepala kita sedang sakit. Sakit kepala  bisa saja merujuk pada keadaan medis yang serius. Tetapi hal itu jarang terjadi. Sekitar 95% sakit kepala bukan pertanda adanya sakit berat. Sakit kepala bisa saja merupakan indikasi adanya stres atau mungkin juga merupakan reaksi terhadap suatu obat terutama obat dekongestan (pelega hidung tersumbat).

Berikut ini merupakan Teori Sakit Kepala yang saya kutip dari buku Mayo Clinic; Pedoman Perawatan Sendiri :
Para peneliti sedang memfokuskan perhatian pada jalur saraf trigeminal serta zat kimia otak serotonin yang dicurigai sebagai biang keladi penyebab sakit kepala yang hebat. Rasa sakit mungkin timbul dari ketidakseimbangan bahan-bahan kimia pada otak. Selama sakit kepala terjadi, kadar serotonin menurun. Akibatnya, muncul suatu getaran di sepanjang saraf trigeminal ke pembuluh-pembuluh  darah di selaput otak (meninges). Di sini pembuluh-pembuluh darah mengendur  dan jadi meradang serta membengkak. Otak menerima pesan sakit itu. Hasilya : "Rasa Sakit Kepala"
Jenis sakit kepala yang disebut sakit kepala primer ini sangat beragam. Sakit kepala primer dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu:
  1.  Ketegangan
    • Mencakup 6% dari sakit kepala primer
    • Menimpa wanita maupun pria dalam jumlah sama banyak
    • Secara bertahap menghasilkan rasa sakit kepala yang tidak seberapa, rasa tegang atau tekanan di leher, dahi, atau kulit kepala
  2. Migren
    • Mencakup 6% dari sakit kepala primer
    • Penderita perempuan 3 kali lebih banyak daripada pria
    • Dapat mulai pada usia remaja, jarang setelah usia 40 tahun
    • dapat didahului oleh perubahan penglihatan, kesemutan di dalah satu sisi wajah atau tubu atau rindu akan makanan tertentu
  3. Bersamaan/Cluster
    • Rasa sakit yang menetap dan terasa seperti di bor di dalam atau di sekitar salah satu mata, terjadi secara periodik dan dimulai pad waktu yang sama pada siang dan malam hari
    • Membuat mata berair  dan merah serta hidung tersumbat pada sisi wajah yang sama.
    • Dapat terjadi secara berkala dan berkaitan dengan perubahan cahaya atau musim
    • Sering menimpa kaum pria, terutama perokok dan peminum minuman keras 
    • Sering didiagnosis keliru sebagai infeksi sinus atau sakit gigi


Sumber:
Sumber: Mayo Clinic. Philip T. HAgen. Intisari. 2002

Tags: sakit kepala , penyebab sakit kepala, mengapa orang bisa sakit kepala, macam-macam sakit kepala, proses terjadinya sakit kepala, sakit kepala primer, sakit kepala migren, sakit kepala cluster

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More