All About Science

Kamis, 15 Desember 2011

Indera Penciuman

Sharing Ilmu Bio
^-^


Bau sering menjadi respon pertama kita terhadap rangsangan. Contoh kecil, kita tidak akan makan makanan yang kita rasa busuk (bayangkan kalau indera ini tidak berfungsi, hmmm dah makan makanan basi deh).  
Penciuman bekerja seperti rasa ,yakni rasa kimia akan dideteksi oleh sel-sel sensorik yang disebut kemoreseptor.  Ketika bau yang merangsang kemoreseptor di hidung yang mendeteksi bau, berupa impuls listrik yang dikirim  ke otak. Otak kemudian menafsirkan pola-pola aktivitas listrik sebagai bau spesifik dan sensasi penciuman menjadi persepsi ( sesuatu yang kita dapat mengenali sebagai aroma).

Satu-satunya sistem kimia lain yang dapat dengan cepat mengidentifikasi,  memahami dan menghafal molekul baru adalah sistem kekebalan tubuh. Tapi bau, lebih daripada rasa lainnya, juga erat kaitannya dengan bagian otak yang memproses emosi dan asosiatif belajar. Olfactory bulb di otak, yang menjadi sensasi berbagai macam persepsi, merupakan bagian dari sistem limbik  (sebuah sistem yang mencakup amigdala dan hipokampus, struktur vital untuk, suasana hati dan perilaku kita memori).

DETEKSI AROMA

Bau dimulai ketika molekul-molekul udara menstimulasi reseptor penciuman sel. Jika suatu zat agak mudah menguap (yaitu, jika mudah berubah menjadi gas), akan mengeluarkan molekul, atau aroma. Bahan nonvolatile seperti baja tidak memiliki bau. Suhu dan kelembaban mempengaruhi bau karena mereka meningkatkan volatilitas molekul. Inilah sebabnya mengapa sampah baunya lebih kuat dalam api dan mobil berbau apek setelah hujan.
Sebuah kelarutan substansi juga mempengaruhi baunya. Bahan kimia yang larut dalam air atau lemak biasanya aroma lebih intens.

Bila udara yang berbau masuk  melalui lubang hidung, molekul udara tersebut akan merangsang epitel penciuman (pusat sensasi penciuman). Epitel hanya menempati sekitar satu inci persegi dari bagian superior dari rongga hidung.  Lendir yang disekresikan oleh kelenjar penciuman selubung permukaan epitel dan membantu melarutkan aroma.

Sel-sel reseptor penciuman adalah neuron dengan ujung yang berbentuk seperti tombol yang disebut dendrit. Rambut penciuman mengikat aroma yang menutupi dendrit. Ketika bau merangsang sel reseptor, sel tersebut akan mengirimkan impuls listrik ke Olfactory bulb melalui akson di dasarnya.  
Sel pendukung menyediakan struktur pada epitel penciuman dan membantu melindungi sel-sel reseptor. Mereka juga menjaga reseptor dan mendetoksifikasi bahan kimia pada permukaan epitel itu. Stem sel basal membuat reseptor penciuman yang baru melalui pembelahan sel. Sel reseptor akan beregenerasi setiap bulan ( yang mengejutkan karena neuron dewasa biasanya tidak diganti). Sementara sel-sel reseptor menanggapi rangsangan penciuman dan mengakibatkan persepsi bau, serat saraf trigeminal di epitel penciuman merespon rasa sakit .
Ketika Anda mencium sesuatu yang berbau tajam seperti amonia,
sel-sel reseptor akan mengambil aroma tersebut sementara trigeminus serat saraf untuk bsengatan tajam  yang kadang menimbulkan sedikit sensasi rasa sakit di kepala dan mengisyaratkan Anda segera mundur.

Olfaksi: Indera Penciuman
  1. Kemoreseptor olfaktori adalah neuron khusus yang terletak pada epitelium olfaktori di langit-langit rongga nasal
  2. Epitelium olfaktori mengandung sel penunjang, sel basal dan sel olfaktori yang merupakan neuron bipolar dendrit yang berakhir pada rambut halus olfaktori yang menonjol ke dalam mukus yang melapisi rongga nasal.
  3. Mekanisme stimulasi sel-sel olfaktori melalui bau tidak diketahui dengan lengkap. Depolarisasi terjadi dan mengakibatkan potensial aksi yang dihantarkan di sepanjang serabut saraf olfaktori sampai ke bulbus olfaktori dan area olfaktori dalam korteks serbral
  4. Reseptor olfaktori mengadaptasi bau dengan cepat. Ada kemungkinan untuk tidak sadar terhadap bau yang menyengat setelah satu menit

Bau dan Memori

Bau dapat mengingatkan kita pada kenangan, mempengaruhi suasana hati orang dan bahkan mempengaruhi kinerja kerja mereka. Karena olfactory bulb merupakan bagian dari sistem limbik otak,yakni area yang begitu dekat dan terkait dengan memori dan perasaan sehingga kadang-kadang disebut "otak emosional,"
penciuman dapat mengingatkan kita pad kenangan dan respon yang kuat hampir seketika. Olfactory bulb memiliki akses yang dekat ke amigdala, yang memproses emosi, dan hippocampus, yang bertanggung jawab  dalam  pembelajaran asosiatif. Meskipun kuatnya pengaruh bau, ia tidak akan memicu kenangan jika tidak sesuai dengan respon terkondisi yang dikenalinya.

Ketika Anda pertama kali mencium aroma baru, Anda akan menghubungkannya ke suatu acara, seseorang, sesuatu hal atau bahkan suatu keadaan. Otak Anda menautkan hubungan antara bau dan memori seperti menghubungkan bau klorin  di kolam renang dengan musim panas atau bunga lili dengan pemakaman. Bila Anda menemui bau itu lagi, persepsi bau tadi sudah terekam sebelumnya di memori Anda dan akan menimbulkan reaksi pada ingatan kita atau pun perasaan. Klorin tadi mungkin akan mengingatkan pada bau kolam tertentu atau bau lili yang bisa mengganggu Anda tanpa Anda tahu mengapa karena bau itu mengingatkan Anda pada pemakaman. Ini merupakan bagian dari alasan mengapa tidak semua orang menyukai bau yang sama.
Anosmia

Merupakan ketidakmampuan untuk mengenali bau (Anosmia). Sama seperti tuli tidak bisa mendengar dan buta tidak bisa melihat. Anosmia artinya tidak bisa merasakan bau sehingga hampir tidak dapat mengenali rasa .Menurut penelitian, penyakit sinus, pertumbuhan dalam rongga hidung, infeksi virus dan trauma kepala semua itu bisa menyebabkan gangguan tersebut.
 
Source;

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More