All About Science

Rabu, 23 November 2011

Indera Pengecap (Gustasi)

Apakah Anda pernah berpikir  mengapa makanan yang Anda makan bisa anda rasakan berbeda.....?

Bila Anda makan sesuatu, air liur dalam mulut Anda membantu memecah makanan Anda. Hal ini menyebabkan sel-sel reseptor yang terletak di kuncup pengecap Anda untuk mengirim pesan melalui saraf sensorik ke otak Anda. Otak Anda kemudian memberitahu rasa apa yang anda cicipi.
A. Struktur kuncup pengecap
  1. Reseptor untuk pengecapan adalah kuncup pengecap, suatu kemoreseptor yang terletak terutama di lidah, tetapi juga terdapat pada palatum lunak dan epiglotis
  2. Kuncup pengecap terdapat dalam tonjolan mukosa lidah yang disebut papila.
  3. Masing-masing kuncup pengecap merupakan sekumpulan sel penunjang dan sel sensorik yang memiliki rambut dan menonjol membentuk pori-pori pengecap sentral serta dibasahi dengan saliva.
B. Fungsi kuncup pengecap
  1. Substansi saliva yang dirasakan harus berbentuk cairan atau larut dalam saliva
  2. Kuncup pengecap bekerja sama dengan reseptor pada rambut pengecap. Hal tersebut akan menstimulasi dendrit sensorik yang berpilin di sekitar sel-sel sensorik dan mengakibatkan impuls saraf yang kemudian di transmisi di sepanjang sraf fasial dan saraf glosofaringeal melalui jalur pengecap menuju insula korteks serebelar.
C. Sensasi Rasa
  1. Kuncup pengecap yang sensitif terhadapa rasa manis terletak di ujung lidah
  2. Substansi rasa dirasakan terutama di bagian samping lidah
  3. Substansi asin dapat dirasakan pada hampir seluruh area lidah tetapi resptornya terkumpul di bagian samping lidah
  4. Substansi pahit akan menstimulasi kuncup pengecap di bagian belakang lidah
(sumber gambar: google.com)

# Sensasi pedas yang biasa kita rasakan saat memakan cabe/lombok, menurut para ahli sebenarnya bukanlah bagian dari rasa. Sensasi pedas tersebut dikarenakan adanya kandungan dari cabe yakni Zat capsaicin. Selain mengakibatkan sensasi pedas, capsacin ini juga dapat membuat orang menjadi ketagihan dan kecanduan untuk terus memakan cabe tersebut.

Tag: 

1 komentar:

wah mantap nih artikel, jadi tau dan menambah wawasan nih, saya juga punya artikel nih tentang cara cepat menghilangkan rasa pedas http://jendelasehatq.blogspot.com/2014/08/cara-cepat-menghilangkan-rasa-pedas.html yang mungkin bisa menambah wawasan kita, thanks :)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More